4 Tips Perjalanan Umroh Bagi Jamaah Pengguna Kursi Roda

Para jamaah umroh yang sudah lanjut usia (lansia), sakit atau memiliki kondisi fisik yang lemah umumnya diperbolehkan menggunakan kursi roda saat berada di tanah suci. Dan untuk para jamaah yang menggunakan kursi roda tersebut tentunya dibutuhkan persiapan yang berbeda dari kebanyakaan jamaah.

Supaya tak bingung, berikut Dream Travel suguhkan beberapa tips perjalanan umroh bagi jamaah yang terpaksa menggunakan kursi roda.

1. Persiapan sebelum berangkat

Pastikan kursi roda yang dibawa memiliki model lipat agar mudah dibawa. Jika tidak memiliki kursi roda model ini, calon jamaah bisa mencari informasi mengenai tempat yang menyewakan kursi roda lipat. Atau calon jamaah juga bisa bertanya kepada biro travel umroh yang dipercaya mengenai fasilitas kursi roda ini. Karena ada banyak penyedia jasa travel yang bisa menyediakan kursi roda bagi calon jamaahnya.

2. Saat di bandara dan selama penerbangan umroh

Cari informasi kepada maskapai penerbangan mengenai ketersediaan kursi roda untuk jamaah. Jika mereka menyediakan fasilitas kursi roda, pastikan jumlahnya cukup. Jamaah tak perlu khawatir memasukkan kursi roda bawaannya ke dalam bagasi tercatat, setelah sebelumnya di-wrapping. Tetapi jika dilarang, coba tanyakan apakah mereka memperbolehkan kamu membawa kursi roda hingga ke dalam pesawat.

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah jalan yang disediakan khusus bagi mereka yang memakai kursi roda. Biasanya ada elevator khusus bagi mereka dan akan dipandu oleh petugas yang bersangkutan. Di elevator ini biasanya pendamping tidak boleh ikut menggunakannya.

Tiba di Bandara Jeddah atau Madinah, pengguna kursi roda boleh didampingi oleh satu anggota keluarga. Sementara jamaah lain akan dipersilahkan untuk turun dari pesawat terlebih dahulu. Mereka pun akan diurus langsung oleh staff ground handling menuju kendaraan khusus yang bakal membawa mereka menuju ruang tunggu di dekat conveyor belt untuk bergabung bersama jamaah lainnya.

Sumber : https://travel.dream.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam