7 Barang Penting yang Tak Boleh Lupa Dibawa Calon Jamaah Haji

Terkadang, kegembiraan untuk bisa pergi berhaji membuat hampir setiap calon jamaah akhirnya lupa mengemasi barang penting yang harus mereka bawa ke tanah suci. Untuk memastikan hal itu tidak terjadi, kamu harus selalu membuat daftar barang-barang apa saja yang wajib dibawa saat hendak melakukan perjalanan haji atau umroh.

Setelah mengemasi barang kebutuhan dasar, selalu periksa kembali apakah kamu telah mengemasi barang-barang yang penting lainnya. Berikut beberapa barang penting yang wajib dibawa oleh para calon jamaah haji atau umroh baik perempuanmaupun laki-laki.

1. Dokumen dan Tiket

Tiket dan paspor adalah yang nomor satu! Selalu periksa dua atau tiga kali untuk memastikan keduanya tak tertinggal. Dan pastikan juga kamu membawa salinan paspor serta visa. Jangan lupa pula kartu identitasmu.

2. ‘Emergency Kit’

Emergency Kit sangat penting dibawa dalam perjalanan haji atau umroh. Masukkan obat-obatan ringan atau obat apapun yang diresepkan dokter jika kamu memiliki penyakit tertentu. Masukkan pula beberapa uang ekstra sebagai simpanan, handuk kecil, perlengkapan mandi, chapstick dan kebutuhan darurat lainnya.

3. Buku Panduan, Alquran dan Buku Doa

Bawa buku pedoman atau panduan haji yang kamu miliki, agar memudahkan ketika beribadah di tanah suci. Bawa pula Alquran seukuran saku sehingga mudah dibawa berkeliling dan jangan lupa pula buku doa-doa.

4. Pakaian/Ihram Ekstra

Kemas sekitar 2-3 set ekstra pakaian Ihram sebelum pergi. Ini akan diperlukan selama perjalanan haji. Pastikan untuk selalu membawa satu set pakaian ekstra untuk dibawa-bawa, demi mengantisipasi terjadinya keadaan darurat.

5. Tas Perjalanan

Ini akan sangat berguna saat kamu bepergian antara Arafat, Muzdalifah, Mina dan Mekah. Pastika tas yang dibawa tidak terlalu besar. Akan lebih baik membawa tas ransel atau tas selempang, tapi bagi mereka yang memiliki kesulitan membawa tas bisa membawa travel bag berukuran sedang.

6. Botol Air dan Makanan Ringan

Bawa botol air dan sedikit makanan ringan sehingga saat kamu merasa haus atau lapar bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan tersebut. Persiapkan pula botol air ekstra sehingga kamu bisa membawa air Zamzam bersamamu.

7. Sajadah

Ini akan memudahkan kamu untuk selalu siap melakukan sholat dimana saja. Mungkin kamu juga bisa membawa Miswak/Siwak sehingga bisa selalu menggunakannya sebelum mengambil Wudhu.

(Sumber: halaltrip.com) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam