Al Khaif Mina, Masjid 70 Nabi yang Sering Terlewatkan

Sahabat Dream Travel tahu tidak? Ternyata di kawasan Mina ada sebuah masjid yang pernah dikunjungi 70 nabi untuk sholat. Namun rupanya sejarah masjid istimewa satu ini sering terlewatkan. Masya Allah… masjid apakah itu?

Adalah Masjid Al Khaif Mina atau Masjid 70 Nabi. Selain dinamakan Masjid Khaif, juga dikenal dengan nama Masjid Al-Muaisyumah. Dimana nama tersebut diambil dari nama sebuah pohon, yani pohon Al-Muaisyumah yang terletak di tempat tersebut.

Sayangnya banyak biro travel umroh yang sering melewatkan kunjungan ke masjid ini. Padahal Masjid Al Khaif ini berdiri kokoh mencolok dengan warna merahnya yang berada di kawasan Mina si Kota Tenda.

Memang Masjid yang familiar dengan sebutan masjid 30 hari ini hanya dibuka untuk umum 30 hari setiap tahunnya, yakni pada bulan Dzulhijjah atau sekitar musim haji. Menurut informasi Arab News Masjid Al Khaif ini sekarang bisa menampung lebih besar dari 100 ribu jamaah untuk mengerjakan sholat lima waktu berjamaah.

Masjid Khaif berdiri megah di kaki bukit sebelah selatan di Mina, Kota Mekah, tidak jauh dari tempat Jumrah Ula. Al Khaif bisa bermakna atau mempunyai arti ‘tempat tinggi di bumi’ karena terletak di kaki Gunung Shabih. Pada masa Nabi Muhammad SAW dibangun masjid dan seiring perkembangan Islam terus dilakukan.

Dari zaman dahulu, hingga masa Pemerintah Saudi sudah banyak dilakukan pemugaran, dan sekarang termasuk penambahan pintu masuk yang dimaksudkan khusus untuk jamaah perempuan. Masjid yang mempunyai 403 tiang ini terletak di sekitar kantor administrasi Kementerian Ke-Islam-an Arab Saudi. Di dekatnya pun dibangun penginapan guna tamu besar Kementerian Ke-Islam-an Arab Saudi.

Seperti dijelaskan tadi, masjid ini pernah menjadi tempat sholat 70 orang nabi. Mengenai kisah tersebut pun telah diriwayatkan dalam hadis.

Sumber : https://travel.dream.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam