Apa Saja Aktivitas Selama Umroh

Bagi sebagian teman teman muslim mungkin masih bertanya tanya apa saja aktivitas umroh selama menjalankan di tanah suci. Walaupun Itinerary Umroh telah di informasikan oleh para agen travel umroh namun sepertinya hal itu belum cukup menggambarkan suasana dan aktivitas selama ditanah Haram.

Aktivitas umroh para jamaah selama di tanah suci biasanya terbagi di dua kota, Madinah dan Mekah. Di Madinah selama 3-4 hari, begitu juga di Mekah hingga 4 hari, tergantung paket umroh yang digunakanaktivitas umrohAktivitas umroh di kota Madinah

Aktivitas selama di Madinah akan terkonsentrasi di Masjid Nabawi, masjidnya Rasullah saw. Di dalam area masjid ini terdapat sebuah makam seorang manusia paling mulia sekaligus kekasih Allah, Rasulullah saw. Area tersebut disebut Raudhoh ditandai dengan karpet berwarna Hijau khas yang membedakan dengan area diluarnya. Area ini merupakan area mustajab untuk memanjatkan do’a kepada Allah swt. Tidaklah heran, raudhah akan selalu ramai dan penuh oleh para jamaah selama 24 jam tanpa henti.

Sebuah Masjid yang memang melambangkan keagungan sekaligus kelembutan seorang Rasul akan dapat dirasakan teman muslim bila sholat didalamnya. Setiap kali kaki menginjakkan pekarangan Nabawi, serasa Rasulullah tersenyum menyambut kita untuk sholat didalam masjid beliau ,,,, MasyaAllah sebuah kenikmatan hati yg sulit didapat ditempat lain.

Detik demi detik akan sering dilalui didalam Masjid, sebuah hal yang terasa lain yang boleh jadi tidak pernah kita lakukan saat di Indonesia, berlama lama didalam Masjid, namun itulah yang terjadi bila di Nabawi, waktu akan cepat berlalu karena hati kita larut dalam do’a, sholat, mengaji, bersimpuh, sujud, menangis, bersholawat yang kesemuanya itu membuat dada dan hati kita terasa lapang dan sejuk, pikiran tenang dan lapang.

City tour biasanya merupakan bagian dari paket travel umroh selama di Madinah. Melihat lihat kota Madinah dan kehidupannya, berkunjung ke kebun kurma, sholat di masjid quba, percetakan Al-Qur’an, Jabal Magnet, Jabal Rahma, melewati Mina, dan masih banyak lagi tempat-tempat yang patut untuk dikunjungi selama di Madinah saat city tour.

Apa sajakah aktivitas umroh selama di Mekah?

Aktivitas Umroh sesungguhnya sebenarnya ada di kota Mekah, untuk itu selesai dari Kota Madinah, para rombongan jmaah adalah melakukan perjalanan menuju kota Mekah kurang lebih 6 jam perjalanan dengan menggunakan bus.

Secara garis besar ibadah umroh sesungguhnya sangatlah sederhana dimana ibadah ini memiliki rukun umroh yaitu dimulai dari Miqot (Niat umroh), tawaf, Sa’i, tahallu (potong rambut), dan tertib. Rangkaian rukun umroh tersebut rata rata akan memakan waktu 3 hingga 4 jam dalam kondisi normal, tidak tergesa gesa dan khuyuk.

Secara garis besar ibadah umroh sesungguhnya sangatlah sederhana dimana ibadah ini memiliki rukun umroh yaitu dimulai dari Miqot (Niat umroh), tawaf, Sa’i, tahallu (potong rambut), dan tertib

Setelah selesai melakukan rukun umroh selama 3-4 jam tersebut maka selesailah sudah rangkaian Aktivitas Ibadah Travel Umroh teman muslim, Insya Allah teman muslim sah menjadi haji kecil, sebuah sebutan yang lazim disebut oleh masyarakat kita.

Lalu bagaimana sisa waktunya ? sedangkan rata-rata keberadaan kita di kota mekah adalah selama 3-4 hari. Seperti halnya di kota Madinah, di Mekah pun teman Muslim akan disibukkan dengan ibadah didalam Masjidil Haram dan city tour tergantung dari paket travel umroh yang digunakan

yang seperti antara lain Sholat, abis itu baca AL-Quran, kalau capek , tidur sebentar, bangun… ambil wudhu.. sholat sunnah, baca Al-Quran…lagi, kalau haus tinggal minum Air ZamZam Sepuasnya..

Ketika Adzan tiba, Sholat berJamaah, begitu dan seterusnya seharian di Masjidil Haram tak terasa detik demi detik diisi dengan mendulang Pahala untuk Bekal Saat Menghadap Sang Khalik dan itu Pasti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam