Ingin Sholat di Dalam Kabah? Sholatlah di Hijir Ismail

Salah satu tata cara umroh yang disunahkan adalah Thawaf atau mengelilingi Kabah sambil mencium Hajar Aswad. Selain kedua hal tersebut ternyata masih ada satu bangunan di sekitar Kabah yang memiliki sejarah dan keutamaan bagi para jamaah haji atau umroh.

Bangunan tersebut berupa tembok berbentuk setengah lingkaran (Al-Hatim) yang merupakan bagian dari Kabah. Bangunan yang bernama Hijir Ismail itu terletak antara Rukun Syami dan Rukun Iraqi.

Sebagai salah satu peninggalan yang bersejarah maka umat Islam mempercayai jika Hijir Ismail dahulu merupakan tempat tinggal Nabi Ibrahim beserta keluarganya. Bagi para jamaah haji atau umroh yang sedang menjalankan Thawaf maka bisa masuk ke dalam Hijir Ismail.

Namun hanya puluhan orang saja yang bisa masuk, mengingat ukuran Hijir Ismail yang tidak terlalu besar, yakni hanya berdiameter sekitar 3 meter saja. Pada saat memasuki Hijir Ismail ini para jamaah dianjurkan untuk beribadah dengan menunaikan sholat sunah, berdoa dan berzikir.

Banyak jamaah yang percaya bahwa beribadah di Hijir Ismail ini sama dengan menjalankan sholat di dalam Kabah.

Rasulullah SAW pernah bersabda, ” Wahai Abu Hurairah, di pintu Hijir Ismail ada malaikat yang selalu mengatakan kepada setiap orang yang masuk dan sholat dua rakaat di Hijir Ismail; kamu telah diampuni dosa-dosamu. Maka mulailah dengan amalanmu yang baru” .

Mengetahui hadis tersebut, tentu saja membuat banyak jamaah ingin beribadah di Hijir Ismail. Namun karena ukurannya yang terbatas maka jamaah harus bersabar dan berdesakan.

Sumber : https://travel.dream.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam