Masjid Kucing dan Sepenggal Kisah tentang Abu Hurairah

Sudah tahukah kamu jika di Kota Mekah ada sebuah masjid yang dijuluki Masjid Kucing? Julukan Masjid Kucing disematkan pada masjid yang bernama asli Masjid Ar-Rayah.

Masjid tersebut diberi nama Masjid Kucing karena punya kisah tersendiri. Ketika Rasulullah SAW sedang melakukan sholat berjamaah bersama sahabat-sahabatnya, saat Rasul sedang sujud tiba-tiba ada kucing yang naik ke punggung Beliau.

Karena Rasulullah sangat menyayangi kucing, Beliau kemudian dengan sabar menunggu kucing tersebut sampai turun dari punggungnya. Sayangnya, jika sekarang jamaah haji atau umroh ingin mengunjungi masjid ini sudah tidak bisa karena Masjid Kucing telah dirobohkan.

Masjid ini dirobohkan karena beberapa sebab, diantaranya adalah konon di saat hampir memasuki waktu azan dikumandangkan, kucing-kucing kerap berkumpul di Masjid Kucing ini.

Dahulu terdapat sebuah restoran yang cukup terkenal di kalangan jamaah umroh dan haji, di samping masjid ini yang didatangi puluhan kucing. Ada sebuah ceritapada saat musim haji, ada seseorang yang ingin sholat di masjid itu.

Dia tertegun melihat ada kucing yang sedang melakukan sholat. Akhirnya dia pun langsung lari dan menceritakan apa yang dia lihat kepada warga sekitar.

Masjid Kucing dahulu letaknya 750 m sebelah utara Masjidil Haram, di ujung Pasar Seng. Selain sejarah yang telah diterangkan tadi, beberapa riwayat menyebutkan bahwa Masjid Kucing dulunya merupakan rumah sahabat Rasulullah, Abu Hurairah.

Sumber : https://travel.dream.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam