Semua Hal Tentang Manasik Umroh

Semua Hal Tentang Manasik Umroh (Lengkap). Sebelum berangkat umroh akan diadakan pertemuan beberapa kali untuk membahas  persiapan umroh menjadi lebih baik. Salah satu dari pertemuan itu antinya akan diadakan manasik umroh. Manasik boleh dikatakan gladi resik atau latihan supaya paling tidak jamaah umroh yang akan berangkat tahu nanti apa yang dikerjakan di sana (tanah suci). Berikut ini beberapa hal tentang manasik umroh yang disajikan dalam bentuk tanya jawab.

semua hal tentang manasik umroh (lengkap)Apakah dengan mengikuti manasik umroh  akan dikenakan biaya tambahan?

Tidak, ketika melaksanakan kegiatan manasik umroh tidak dikenakan biaya tambahan. Manasik Umroh  sudah ternasuk fasilitas yang didapat oleh jamaah umroh yaitu pembimbing umroh (muttawif)  dan juga manasik.

Berapa kali Manasik Umroh akan dilakukan?

Biasanya sebelum keberangkatan umroh akan dilakukan 2-3 kali pertemuan. Pertemuan pertama adalah pertemuan awal supaya jamaah umroh bisa tahu lebih banyak tentang ibadah umroh dan membuat persiapan untuk keberangkatan. Pertemuan kedua dan ketiga biasanya dilakukan dalam bentuk manasik umroh. Minimal biasanya dilakukan 1 kali manasik umroh.

Apa yang dilakukan selama manasik Umroh?

Didalam Manasik umroh  nanti akan dilakukan beberapa kegiatan;

1. Cara mengenakan pakaian ihram bagi jamah umroh laki-laki. Pakaian ihram laki-laki adalah berupa 2 potong /helai kain yang tidak berjahit. Didalam itu selama umroh kita dilarang mengenakan pakaian dalam seperti celana dalam. Tentu saja mengenakan pakaian seperti ini tidak mudah dan mempunyai tingkat kesulitan tersendiri terutama bagi yang belum tahu cara mengenakannya. Nantinya setiap jamah umroh laki-laki akan diajari cara mengenakan pakaian ihrom ini.

2. Cara melakukan tawaf dan sai. Tawaf adalah mengelilingi kabah selama 7 kali.

Makna tawaf adalah menjaga hati agar selalu ingat ALLoh dimanapun kita berada. Nanti akan diajari cara mulai tawaf dan bagaimana cara menghitung 7 kali tersebut beserta doa doa yang bisa dibaca.

Sai adalah lari-lari kecil antara bukit shafa dan marwa. Dengan melakukan Sai berarti kita napak tilas perjuangan  siti hajar yang ditinggal nabi ibrahim di tengah padang pasir tanpa bekal apa-apa. Suatu ketika nabi Ismail menangis karena kehausan. Maka berlarilah Siti Hajar lari kesana-kemari untuk mencari air. Siti Hajar ingat perintah nabi ibrahim utuk tidak pergi meninggalkan kompleks masjidi haram. Maka siti hajar pun hanya lari-lari antara shafa dan marwa. Di puncak kehausan itulah kemudian nabi ismail menginjakkan kakinya ke tanah kemudian munculnya sumber air yang kemudian hari dikenal dengan sumur zamzam. Makna Sai adalah  gambaran seorang mukmin yang tidak akank eluar dari batasan Alloh walaupun mengalami kesulitan. Insya Alloh tidak lama lagi akan datang pertolongan Alloh.

3. Suntik mengitis akan dilaksanakan waktunya bersamaan dengan waktunya dengan  manasik umroh.  Vaksin meningitis adalah pedoman resmi yang dianjurkan (diwajibkan) jika ingin mengajukan visa ibadah haji dan umroh  oleh pemerintah Arab Saudi. Bagi yang belum begitu tahu mengenai suntik meningitis diwajibkan, berikut ini penjelasan singkatnya:

Meningitis adalah radang selaput pelindung sisitem syaraf pusat. penularan peyakit akibat bakteri ini bisa dilakukan lewat udara. Selama melakukan ibadah umroh di tanah suci tentunya kita akan bersinggungan dengan banyak orang dari berbagai negara. Beberapa negara di Afrika, Amerika Utara, Amerika Latin, dan Selandia Baru adalah endemis meningitis meningokokus. Nah vaksin meningitis ini berguna untuk mencegah penularan dan juga menghilangkan bakteri dari tubuh, asalkan imunitas dalam keadaan baik.

Adakah Buku Panduan Manasik Umroh?

Bagi yang memiliki buku panduan haji dan umroh, termasuk juga buku doa umroh silakan dibawa selama perjalanan ke tanah suci. Nantinya buku panduan tersebut  akan berguna atau bisa dibaca baca sambil sambil menunggu penerbangan di bandara misalnya. Silakan saja pergi ke toko buku untuk dapatkan buku panduan tentang ibadah umroh. Sebagian besar artikel di blog ini juga diambilkan dari buku buku Fadilah Haji dan Umroh karangan Maulana Zakariyya. Bagi yang berkenan silakan untuk membelinya di toko buku terdekat atau toko buku online. Bila tidak dapat, semoga blog ini bisa cukup mewakili. Semoga artikel semua hal tentang manasik umroh ini bisa memberikan gambaran lebih jelas kepada para jamaah yang akan berangkat umroh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam