Umroh Itu Berapa Hari sih Sebenarnya? Ini Dia Penjelasannya

Perjalanan dari Jakarta ke Jeddah sendiri dapat ditempuh kurang lebih selama sembilan jam. Sesampainya di Jeddah, para jemaah akan beristirahat di hotel atau penginapan sebelum melanjutkan perjalanan keesekoan harinya menuju Madinah. Di Madinah, jemaah umroh biasanya akan menginap selama tiga hari sembari melakukan ziarah atau kunjungan ke tempat-tempat bersejarah. Barulah pada hari keempat, para jemaah bertolak ke Makkah untuk memulai prosesi ibadah umroh.

Pelaksanaan Rukun Umroh

Satu kali pelaksanaan umroh umumnya berlangsung selama 6-12 jam, tergantung dari mana Anda memulai miqatnya. Miqat merupakan tempat dan waktu dimulainya umroh atau haji, yang biasanya diawali dengan ihram. Miqat umroh sendiri berada di Bir Ali, untuk jemaah yang bermukim atau melintasi Madinah, Al Juhafah, Qornul Manazil, Yalamlan, dan Dzat Iqin. Ketika tiba di miqat, para jemaah diharuskan memakai pakaian ihram dan melantunkan niat umroh.

Selepas berihram, para jemaah beranjak menuju Kakbah untuk melaksanakan tawaf yang dimulai di Hajar Aswad, dan mengelilingi Kakbah sebanyak tujuh putaran sambil mengucapkan takbir dan kalimat talbiyah, lalu diakhiri di Hajar Aswad. Setelah selesai melakukan tawaf, jemaah kemudian menuju Maqam Ibrahim untuk salat dua rakaat.

 

Rukun haji selanjutnya adalah Sa’i, yang dilakukan dengan berjalan cepat sebanyak tujuh kali dari Bukit Safa ke Bukit Marwah. Rukun Sa’i ini biasanya dapat berlangsung selama 2-3 jam, tergantung situasi dan jumlah jemaah yang berada di lokasi tersebut. Umroh kemudian diakhiri dengan Tahalul, yakni prosesi pemotongan rambut para jemaah.

Wisata Sejarah

Hari kedua di Makkah biasanya digunakan para jemaah untuk mengunjungi tempat-tempat suci, seperti masjid dan makam para nabi. Kegiatan tur keliling Makkah dan daerah di sekitarnya tersebut biasanya berlangsung selama 2-3 hari setelah pelakasanaan ibadah umroh. Umumnya, rangkaian perjalanan umroh berakhir pada hari ke-6 atau 7.

Ada pula beberapa biro perjalanan umroh yang menawarkan paket perjalanan umroh plus wisata religi ke negara-negara seperti Turki, Mesir, Yordania, atau Palestina, selama beberapa hari. Paket wisata ekstra tersebut biasanya menawarkan perjalanan umroh plus selama 9-12 hari.

Ada baiknya, ketika merencanakan perjalanan umroh, kita memilih paket perjalanan sesuai kebutuhan. Jika kita tidak memiliki waktu banyak karena tanggungan pekerjaan, namun tetap ingin melaksanakan umroh, pilihlah paket perjalanan yang menawarkan jangka waktu singkat, khusus untuk ibadah umroh saja. Pada umumnya, biaya umroh cenderung lebih mahal karena adanya tambahan paket wisata religi ke negara-negara yang sudah disebutkan di atas. Jadi, bijaklah dalam menentukan kebutuhan ibadah umroh Anda.

Nah, itulah tadi ulasan singkat mengenai lamanya waktu pelaksanaan umroh. Semoga dapat menjawab pertanyaan Anda seputar alokasi waktu umroh yang biasanya diterapkan oleh biro perjalanan haji dan umroh.

Siapkan segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan umroh Anda mulai dari sekarang agar ibadah Anda semakin nyaman dan khusyuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam