Syam Resfiadi: Uzbekistan Bisa Jadi Destinasi Religi Umat Islam Indonesia

Syam Resfiadi: Uzbekistan Bisa Jadi Destinasi Religi Umat Islam Indonesia

Syam Resfiadi: Uzbekistan Bisa Jadi Destinasi Religi Umat Islam Indonesia

patunabandung.com – Menyimpan banyak jejak sejarah peradaban Islam, Uzbekistan menjadi salah satu pilihan destinasi terbaik umat muslim dunia. Imam Bukhori, Imam Tirmidzi, dan Imam Maturidi merupakan sejumlah tokoh terkemuka Islam yang lahir di tanah Uzbekistan.

Dihadapan para pengusaha travel Indonesia, Duta Besar Republik Uzbekistan untuk Indonesia, Shavkat Jamalov menyebut, jika ingin berwisata sambil berziarah, datanglah ke Uzbekistan, sebab menurutnya, di Uzbekistan, wisatawan muslim dapat menikmati nuansa sejarah Islam yang sangat kental.

“Uzbekistan memiliki lebih dari 160 tempat suci penting dalam dunia Islam. Di Uzbekistan juga terdapat pusat keagamaan yang besar, serta madrasah-madrasah di kota Samarkhand, Bukhora, Tashkend yang telah melahirkan tokoh-tokoh terkemuka seperti Imam Bukhori, Al-Khawarizmi, Al-Biruni, dan juga menjadi pusat tumbuh kembangnya madzhab tarekat Naqsabandiyyah,” jelas Dubes dalam sambutannya di acara Presentasi Pariwisata Republik Uzbekistan, pada Selasa (30/5), di Jakarta.

Menanggapi pemaparan Dubes Uzbekistan, Ketua Umum Asphurindo, Syam Resfiadi, yang secara resmi diundang dalam acara tersebut, mengatakan Uzbekistan memang layak menjadi salah satu destinasi wisata religi bagi umat Islam, khususnya yang berada di Indonesia. Menurutnya, selain bangunan-bangunan bersajarah, Uzbekistan benar-benar menjadi saksi lahirnya peradaban dan tokoh-tokoh terkemuka dalam Islam.

“Uzbekistan bisa menjadi destinasi baru bagi umat muslim di Indonesia. Seperti yang Dubes Uzbekistan jelaskan, disana terdapat banyak sejarah peradaban Islam yang bisa kita kunjungi, bukan hanya bangunan-bangunan seperti masjid, tapi makam tokoh-tokoh besar Islam yang ada disana bisa menjadi lokasi yang tepat untuk berziarah,” kata Syam kepada hajiumrahnews.com, ditempat dan waktu yang sama.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah dan Inbound Indonesia, Syam Resfiadi

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah dan Inbound Indonesia, Syam Resfiadi

Syam juga mengatakan bahwa maskapai penerbangan Uzbekisan Airways telah berkomitmen akan menyediakan rute langsung Jakarta-Tashkend (Ibu Kota Uzbekistan)-Jeddah, dan Jeddah-Tashkend-Jakarta, dengan syarat seat pesawat Uzbekistan Airways terisi penuh, minimal untuk 3 kali penerbangan.

“Mereka berkomitmen akan membuka rute Jakarta-Tashkend-Jeddah, begitu pula sebaliknya, jika terus bagus, mereka akan membuat penerbangan reguler di Jakarta. Ini akan menjadi destinasi baru, serta menjadi produk baru juga dari umrah lanjutan. Insya Allah anggota Asphurindo bisa mengikuti program ini dan insya Allah akan lebih murah.” Lanjut Syam.

“Setelah lebaran kita akan coba buat paketnya, khususnya di bulan November dan Januari. Kita ga buat di bulan Desember, karena Desember musim umrah, jadi kita fokus di umrah saja,” sambungnya. (dar)

sumber: hajiumrohnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam