Amalan Sederhana yang Dapat Dilakukan Saat Umroh

Saat berada di tanah suci, pastinya kebanyakan dari jemaah akan memanfaatkan waktunya semaksimal mungkin untuk beribadah. Terutama saat melakukan umroh yang waktunya lebih sebentar dibandingkan ibadah haji. Patutnya setiap jemaah mempunyai rencana dan strategi agar ibadah di tanah suci bisa maksimal. 

Sayangnya, banyak nih jemaah yang strategi ibadahnya kurang matang. Jika saja kamu tahu, setiap detik dari waktu kamu berada di tanah suci itu bisa dijadikan lahan ibadah lho. Penasaran apa aja amalan sederhana yang dapat dilakukan saat umroh itu? Yuk kita cek beberapa amalan di bawah ini.

  1. Tersenyum

Siapa yang sangka kalau tersenyum ini juga masuk dalam jenis amalan sederhana yang bisa kamu amalkan di tanah suci. Mungkin kamu pernah dengar bahwa sebuah senyum dapat terhitung sebagai sedekah. Hal ini diterangkan pada sebuah Hadits, Rasulullah SAW bersabda,

“Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah.” Hadits Riwayat At Tirmidzi 

Setelah mengetahui hal ini, tentunya kamu akan sering tersenyum di hadapan orang lain. Jangan lupa untuk juga menyapa mereka. Akan lebih baik juga jika kamu berjabat tangan dan berkenalan dengan jemaah lain di sana. 

Tapi ada catatan juga lho mengenai hal ini. Berikanlah senyummu hanya pada jemaah yang sesama jenis ya. Saat bertemu lawan jenis, akan lebih baik jika kamu menundukkan pandangan. Karena hal itu juga salah satu amalan sederhana yang bisa kamu amalkan.

2. Membantu Membawakan Barang Bawaan Orang Lain

Selain itu, kamu juga bisa membantu orang lain untuk membawakan barang bawaannya lho. Terlebih jika yang kamu bantu adalah seseorang yang sudah sangat tua. Pastinya apa yang Anda lakukan ini terhitung sebagai amalan baik. 

Rasulullah SAW bersabda,

“Seorang mukmin dengan mukmin yang lain bagaikan sebuah bangunan, satu dengan yang lainnya saling menguatkan.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Musa Al-Asy’ari radhiyallahu’anhu]

Dari Hadits di atas, dapat kita petik bahwa sejatinya sesama muslim seharusnya saling membantu dan saling menguatkan. Oleh karenanya, ringankanlah tangan kamu untuk membantu jemaah yang ada di tanah suci. Setidaknya banyak bantuan yang bisa kamu berikan bagi sesama jamaah umroh di tanah suci. Salah satunya dengan membantu mereka membawakan barang bawaannya. 

Pada ibadah haji, hal serupa juga berlaku. Salah satu momen yang bisa Anda manfaatkan adalah untuk membantu mengumpulkan batu saat lempar jumroh. Jadi, mereka yang kesulitan mendapat batu akan termudahkan oleh bantuan Anda. Pastinya hati Anda pun akan senang setelah membantu jemaah lain. 

3. Berdzikir Sepanjang Hari

Berdzikir bisa kamu lakukan di setiap saat. Di sela suapan nasi saat makan, di sela percakapan dengan jemaah lain, di saat Anda tidak melakukan apa – apa, pergunakanlah untuk mengucapkan dzikir. 

Insya Allah setiap dzikir yang terucap dari lisan kamu akan mendapatkan keberkahan oleh Allah SWT. Namun ingat, ada satu tempat dimana kamu dilarang berdzikir di dalamnya, yaitu di kamar mandi. Makanya, pastikan untuk mawas diri akan situasi dan kondisi ya. 

4. Menghadiri Kajian Keagamaan 

Menghadiri kajian keagamaan atau majelis ilmu yang ada disana juga bisa menambah pundi – pundi amal kamu. Bisa kamu bayangkan, menghadiri majelis ilmu itu pahalanya besar banget, apalagi jika menghadiri majelis ilmu di tanah suci. Pastinya sayang banget untuk dilewatkan kan? 

Oleh karenanya, maksimalkan ibadah kamu di tanah suci dengan melakukan amalan – amalan baik. Walaupun hanya tampak seperti amalan sederhana, kita tak pernah tau kapan rahmat Allah turun menghampiri kita. Siapa tahu dengan melakukan sedikit kebaikan ini bisa menurunkan rahmat Allah SWT untuk kita supaya bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi. Wallahua’lam bishshowab.

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam