Percetakan Al-Qur’an Terbesar di Dunia, Berada di Madinah

Berlokasi tidak jauh dari Masjid Nabawi, Madinah sekitar 11 kilometer (km), terdapat Kompleks Percetakan Al-Qur’an Raja Fahd atau Majma Malik Fahd Li Thibaah Mushaf Syarif yang merupakan percetakan Al-Qur’an terbesar di dunia.

Pabrik percetakan Al-Qur’an ini diresmikan Raja Fahd Bin Abdul Aziz pada 1984. Didukung 1.300 pekerja, pabrik beroperasi selama 24 jam. Dalam setahun tak kurang dari 18 juta eksemplar Al-Qur’an dicetak ke 78 bahasa yang kemudian didistribusikan ke seluruh wilayah Arab Saudi seperti Makkah dan Madinah (paling banyak), negara-negara yang ada kantor Kedutaan Arab Saudi, juga dikirim secara gratis ke negara-negara lain melalui kedutaan.

Percetakan Al-Qur'an Terbesar di Dunia, Berada di Madinah
Percetakan Al-Qur’an Terbesar di Dunia, Berada di Madinah

Tidak sekedar mencetak, produksi setiap Al-Qur’an berada dalam pengawasan. Al-Qur’an yang sudah dicetak tidak bisa langsung disebar kepada masyarakat umum, tetapi harus melalui pemeriksaan penulisan dan penerjemahan terlebih dahulu oleh para ahli yang diundang Pemerintah Arab Saudi guna memastikan tidak ada kesalahan di dalamnya.

Staf bagian umum pabrik Percetakan Alquran Raja Fahd, Abdul Aziz menjelaskan jika pabrik percetakan dibuka untuk umum empat jam sehari dari pukul 08.00 hingga 12.00 WAS (Waktu Arab Saudi) dengan menerima sekitar 15-20 orang per rombongan.

Masing-masing rombongan diberikan waktu sekitar 15 menit untuk melihat langsung proses pencetakan kitab suci Al-Qur’an.

Usai melihat pabrik, saat keluar pengunjung nantinya dapat membawa pulang kenang-kenangan berupa satu buah Al-Qur’an secara cuma-cuma antara yang berukuran besar dan sedang.

Untuk menuju lokasi, jika ditempuh dengan kendaraan sekitar 15 sampai 20 menit. (sumber: Kemenag RI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam