RAUDHAH – TAMAN SURGA DI TANAH SUCI MADINAH

Menempati lokasi istimewa di Masjid Nabawi, Raudhah diyakini sebagai taman surga dan salah satu tempat mustajab untuk memanjatkan doa sehingga kawasan ini tidak pernah sepi dikunjungi jamaah.

Raudhah terletak di antara rumah Nabi Muhammad SAW dan mimbar tempat berkhutbah, tepatnya di bagian shaf terdepan Masjid Nabawi dan sedikit menjorok ke kiri.

Raudhah memiliki kemuliaan dan keutamaan dimana barangsiapa yang shalat di sana, seakan-akan ia telah duduk di taman dari taman-taman surga.
Seperti yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda,
.
“Antara rumahku dan mimbarku adalah taman (raudhah) di antara taman surga.” (HR. Bukhari, no. 1196 dan Muslim, no. 1391)
.
Demi ketertiban ibadah dan agar jamaah dapat bergantian berdoa di Raudhah, petugas setempat mengatur waktu dan pintu masuk antara jamaah laki-laki dan perempuan.

Waktu untuk mengunjungi Raudhah untuk jamaah laki-laki bebas, sedangkan khusus jamaah perempuan, berikut jadwal masuk ke Raudhah:
.

  • Gelombang pertama (pagi)
    Waktunya mulai terbit matahari hingga menjelang Adzan Dzuhur.
    .
  • Gelombang kedua (malam)
    Waktunya dari ba’da Shalat Isya’ hingga satu jam menjelang Adzan Subuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam