Tips dan Trik Belanja di Tanah Suci

Pernahkah kamu berpikir tentang apa yang akan kamu dan keluarga lakukan di tanah suci saat ibadah umroh telah terlaksana? Nggak hanya ketika kamu pergi umroh, tapi juga ketika kamu dan keluarga pergi umroh plus Aqso, umroh plus Turki, dan destinasi lainnya. Kebanyakan dari jemaah mungkin akan memanfaatkan sisa waktu mereka untuk berdiam diri dan bermunajat di dalam Masjid, menambah pundi amal, dan meraup segala peluang pahala yang ada di sana.

Namun tak ada salahnya juga jika kamu terpikir untuk mencari oleh – oleh bagi kerabat maupun sahabat. Sejatinya, kota Mekkah akan memanjakan kamu dan keluarga untuk berbelanja di sana. Kenapa? Karena di sana banyak banget pedagang yang akan bikin kamu bingung saking banyaknya. Oleh karenanya, kamu harus bijak dalam membelanjakan uang kamu untuk oleh – oleh. Nah, berikut ini adalah tips umroh dan khususnya trik saat berbelanja di tanah suci biar rencana belanja kamu makin hemat dan tepat.  

  1. Buat Daftar Belanjaan

Sebelum pergi umroh ke tanah suci, ada baiknya Anda menuliskan siapa saja yang akan dibelikan oleh – oleh di sana. Jika perlu, tentukan sekalian oleh – oleh apa saja yang akan Anda beli. Dengan begini, tentunya Anda juga akan bersiap dengan budget dan daftar belanjaan yang rinci. Nantinya hal ini akan sangat membantu ketika Anda sudah berada di tengah pasar.

2. Jangan Tampil Mencolok

Tips kedua yang dapat Anda lakukan adalah tampil sesederhana mungkin. Kebanyakan pedagang di sana dapat dengan mudah untuk mengukur bahwa seseorang ini berduit lebih atau tidak. Nah, kalau Anda datang dengan penampilan yang mencolok, dijamin deh bakal dapat barang yang harganya lumayan mahal. Sayang kan, harusnya bisa di nego, malah kena harga yang gak bersahabat.

3. Pilih Tempat Belanja yang Sesuai Kantong

Jika Anda ingin berbelanja dengan hemat, tentunya mall dan outlet – outlet indoor bukanlah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Dengan kualitas barang yang tidak jauh berbeda, Anda bisa memilih untuk berbelanja di pedagang kaki lima yang tersebar di sepanjang jalan kota Mekkah.

Tentunya dengan kejelian dan kepandaian memilih barang, Anda akan mendapatkan barang yang baik dengan harga yang jauh lebih murah. Oleh karenanya jangan terburu – buru untuk mengambil keputusan membeli sebuah barang.  Survey harga di pedagang yang lain akan membuat Anda berhemat dalam berbelanja.

4. Cari Tau Lokasi Pasar / Tempat Belanja

Penting banget untuk tau mau beli apa saja sesuai dengan kebutuhan yang sudah ditulis sebelumnya dalam daftar belanjaan oleh-oleh khas tanah suci. Kalau sudah tau mau beli apa saja, cari tau dengan detail mengenai pasar atau tempat belanja apa dan dimana yang paling terkenal dengan barang tersebut. Karena ketika kita beli barang di tempat yang sudah terkenal khas akan barang tersebut, kita bisa mendapat harga yang lebih hemat dan juga bisa dijamin kualitasnya.

Pasar Zakfariah di Mekkah, Pasar Balad dan Bab Mekah di Jeddah, serta Pasar Kurma dan pusat pertokoan di basement Taiba Arac Hotel di Madinah, adalah sedikit contoh tempat yang menawarkan barang dengan harga miring sesuai dengan spesialisasi barang yang terkenal di masing-masing pasar.

Seperti destinasi di tempat lain, tempat belanja di Tanah Suci juga bertebaran di mana-mana. Apalagi di saat musim haji atau umroh di bulan Suci Ramadan. Sebaiknya kamu mulai mencari informasi tentang tempat belanja yang menawarkan harga ramah kantong dan pastinya menjual barang berkualitas.

5. Bicara Bahasa Arab Akan Cukup Membantu

Seperti halnya orang Indonesia apalagi pedagang Indonesia, jika pembelinya mau membeli dan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia mereka pasti akan senang dan merasa lebih terbantu. Walaupun memang di Mekkah dan Madinah sudah banyak sekali warga dan pedagang pasar di sana yang mengerti dan bahkan fasih berbahasa Indonesia.

Sebenarnya kamu tidak perlu benar-benar ahli dalam berbahasa Arab, tetapi cukup tau kata-kata yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari apalagi kata-kata yang berkaitan dengan percakapan di pasar. Percakapan tersebut seperti “Assalamualaikum, apakah Anda menjual kurma ajwa?” “Berapakah harga baju ini?” dan banyak percakapan lain yang pastinya sangat berguna ketika berbelanja di tanah suci. InsyaAllah mereka akan menghargai usaha kita untuk berbahasa Arab dan mungkin saja akan memberikan harga yang lebih bersahabat untuk kita.

6. Jangan Bahas Harga di Dalam Toko

Uniknya, pedagang di kota Mekkah ini punya banyak sekali keahlian. Salah satunya adalah menguasai bahasa asing yang sering digunakan oleh pembelinya. Karena itulah, Anda sebaiknya jangan coba – coba untuk membahas harga dengan teman atau rekan Anda di dalam toko. Bisa – bisa si penjual paham lho dengan apa yang Anda omongin.

Kalaupun mau ngebahas masalah harga, lakukanlah di luar toko. Bilang aja kalau Anda mau lihat – lihat toko lainnya dulu. Lalu baru deh ngebahas harga dengan teman atau rekan ibadah umroh Anda.

7. Pintar-pintarlah Menawar

Nah, tentunya dimanapun di dunia nggak semua pedagang akan jujur nih sama harga asli barang dagangannya. Ternyata, banyak pedagang di Arab Saudi yang sering menaikkan harga barang jualannya secara drastis dan gila-gilaan. Tak jarang, pedagang tersebut menyebutkan harga penawaran sampai 200 persen dari harga normal. Wah besar banget ya! Mereka menaikkan harga bisa jadi disebabkan oleh berbagai faktor penyebab, antara karena pembelinya dari luar negeri, calon pembeli terlihat mempunyai daya beli yang tinggi, karena harga barang tersebut memang sedang tinggi, atau banyak aspek lainnya yang diluar kemampuan kita. Di sini pentingnya kemampuan kamu untuk tawar menawar akan sangat dibutuhkan. Kamu dapat menawar barang hingga 30 persen dari barang yang disebutkan. Kemudian dinaikkan sedikit demi sedikit supaya mencapai harga kesepakatan.

Tak perlu takut untuk menawar karena selain banyak pedagang yang sudah menguasai bahasa Indonesia ala kadarnya, kamu juga bisa menggunakan kalkulator untuk menawar. Perlu diingat juga, hampir semua toko di tempat wisata belanja di Mekkah dan Madinah sudah menerima Rupiah sebagai alat pembayaran di sana. Memang betul bahwa kamu harus persiapkan uang Riyal untuk membeli oleh-oleh, tapi kamu tak perlu khawatir jika kehabisan Riyal karena mereka menerima Rupiah.

Oleh – Oleh Umroh Biasanya Apa Saja Sih?

Berikut ini adalah jenis oleh – oleh apa saja yang bisa Anda bawakan untuk sahabat Anda di tanah air.

  • Tasbih
  • Paket Air Zam – Zam. (Sesuaikan dengan peraturan yang berlaku)
  • Botol Berbentuk Ka’bah
  • Miniatur Bangunan Ikonik Islam
  • Pakaian (abaya dan gamis)
  • Permadani Cantik Ala Mekkah
  • Paket Hamper Sajadah Turki
  • Jilbab
  • Kurma, kismis dan kacang arab.

Dan masih banyak lagi pilihan jenis oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang ke Indonesia.

Tapi apapun barang belanjaan yang kamu bawa, pastikan gak akan merepotkan kamu saat bertolak pulang ke tanah air. Jangan sampai kebanyakan barang hingga kamu repot sendiri untuk membawanya dan jadi makin boros karena harus tambah biaya bagasi untuk pesawatnya.

Jangan lupa juga agar tidak terlalu terlena dengan kegiatan berbelanja yang kamu lakukan. Fokus tujuan utama kamu di tanah suci adalah untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karenanya tetaplah bijak dalam berbelanja.

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam